D III Kebidanan

Program studi D III Kebidanan berawal dari bentuk pendidikan Akademi Kebidanan Karsa Husada Garut yang berdiri sejak tahun 2006 melalui izin penyelenggaraan melalui SK MENDIKNAS RI Nomor : 67/D/O/2006. Dalam proses selanjutnya Akademi Kebidanan Karsa Husada Garut tersebut digabungkan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karsa Husada Garut dan telah mendapatkan izin operasional dari Mendiknas pada tahun 2008 melalui SK MENDIKNAS RI Nomor : 91/D/O/2008.

Visi

Mewujudkan Program Studi DIII Kebidanan yang terunggul, Bermutu dan Religius dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kebidanan pada bidang Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal Serta Mampu Bersaing di Tingkat Nasional, Regional dan Internasional pada tahun 2022.

Misi

  1. Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Kebidanan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang kegawat daruratan maternal dan neonatal
  2. Melaksanakan Penelitian kebidanan dibidang kegawat daruratan maternal dan neonatal serta bidang lain yang menunjang.
  3. Melaksanakan Pengabdian masyarakat kebidanan dibidang kegawat daruratan maternal dan neonatal serta bidang bidang lain yang menunjang
  4. Menciptakan proses perkuliahan dan iklim kerja yang religius, inovatif dan dinamis.
  5. Menjalin Kemitraan dengan institusi lain ditingkat regional, nasional dan internasional.

 

Pendidikan D3 Kebidanan juga merupakan pendidikan vokasional yang lebih mengedepankan kemampuan keterampilan dibandingkan dengan pengetahuan. Oleh karena itu kurikulum pendidikan di D3 Kebidanan Karsa Husada Garut dirancang dengan proporsi perbandingan teori dan praktek yaitu 40 % : 60%. Kurikulum Pendidikan D3 Kebidanan Karsa Husada telah memulai menerapakan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Diploma 3 Kebidanan yang diterbitkan oleh AIPKIN (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia).

Status Akreditasi

Prodi D3 Kebidanan telah terakreditasi oleh BAN-PTdengan peringkat “B” SK No: 031/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/I/2011. Masa berlaku akreditasi terhitung sejak tanggal Januari 2011 sampai dengan   Januari 2016. Adapun perpanjangan ijin penyelengaraan dari Kopertis Wilayah IV berlaku sampai dengan 14 Juli 2013.