Profesi Ners

Pendidikan program studi Profesi Ners merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan tahap akademik prodi S1 Keperawatan. Oleh karena itu, STIKes Karsa Husada Garut memandang perlu untuk mendirikan program studi Profesi Ners tersebut. Pada tahun 2012, program studi Profesi Ners STIKes Karsa Husada Garut berdiri berdasarkan izin operasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui SK KEMENDIKBUD RI Nomor 53/E/O/2012.

Visi

Menjadikan program studi ners yang unggul dengan menghasilkan Ners kompeten yang berahlak mulia dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional tahun 2016.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan profesi Ners yang kompeten.
  2. Meningkatkan SDM Dosen dan Instruktur Klinik di lahan praktik melalui pendidikan dan pelatihan
  3. Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Ners yang professional, bermutu unggul dan berakhlaq mulia.
  4. Mendorong kemajuan penelitian dibidang teknologi keperawatan.
  5. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu keperawatan demi kesejahteraan masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama lintas program dan lintas sektoral dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan dalam menunjang keberhasilan pencapaian program.
  7. Mengembangkan sistem pendidikan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan yang didukung oleh penyediaan sumber-sumber belajar yang beragam, mudah dijangkau, dan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi

Tujuan

  1. Menghasilkan perawat yang kompeten
  2. Menghasilkan penelitian-penelitian di bidang teknologi
  3. Menghasilkan SDM dosen yang kompeten di area klinik maupun akademik.
  4. Terciptanya pendidikan profesi ners yang profesional , bermutu unggul dan berakhlaq mulia.
  5. Memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan.
  6. Terciptanya kerjasama antar program studi dan lintas sektoral untuk mendukung kebijakan pemerintah dibidang kesehatan dan dalam menunjang keberhasilan pencapaian program.
  7. Terciptanya sistem pendidikan sistem pendidikan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan yang didukung oleh penyediaan sumber-sumber belajar yang beragam, mudah dijangkau, dan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi

Kurikulum

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar, serta SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Komposisi kurikulum yang dirancang pada Program Studi Profesi Ners berdasarkan Pengembangan kurikulum pendidikan tahap profesi di STIKes Karsa Husada terdiri dari 36 SKS dimana Kompetensi pendidikan profesi dicapai dengan masa studi 3 semester dengan perhitungan 36 SKS X 16 minggu X 4 jam = 2304 Jam = 47 minggu. yang dijabarkan dengan rincian semester I : 15 SKS, Semester II : 12 SKS, Semester III : 9 SKS.

Dalam pelaksanaan praktek profesi di lapangan metode yang digunakan dalam pembelajaran telah mengacu pada metode preceptorship melalui metode pembelajaran Pre dan post conference, Tutorial individual, Diskusi Kasus, Case Report dan Overan Dinas, Pendelegasian Kewenangan Bertahap, Mini Seminar tentang klien dan teknologi kesehatan/keperawatan terkini

Status Akreditasi

Program studi Profesi Ners belum melaksanakan akreditasi dari BAN-PT, namun demikian prodi Profesi ners telah mendapatkan surat ijin penyelenggaraan pendidikan melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 53/E/O/2012.