S1 Keperawatan

Program studi S1 Keperawatan berdiri sejak tahun 2007 seiring dengan pembentukan STIKes Karsa Husada Garut melalui izin penyelenggaraan SK. MENDIKNAS RI NOMOR : 129/D/O/2007.

Visi

Menjadi program studi ners yang menghasilkan ners kompeten dan unggul dalam bidang keperawatan medikal bedah yang mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional tahun 2022.

Misi

  1. Meningkatkan SDM dosen dan Instruktur Klinik di lahan praktik melalui pendidikan dan pelatihan
  2. Menyelenggarakan pendidikan ners yang professional dan bermutu unggul dan berakhlaq
  3. Mendorong kemajuan penelitian dibidang teknologi keperawatan khususnya dibidang keperawatan medikal bedah
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu keperawatan demi kesejahteraan
  5. Menjalin kerjasama lintas program dan lintas sektoral dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan dalam menunjang keberhasilan pencapaian program.
  6. Mengembangkan sistem pendidikan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan yang didukung oleh penyediaan sumber-sumber belajar yang beragam, mudah dijangkau, dan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi

 

Kurikulum

Pendidikan S1 keperawatan adalah pendidikan yang bersifat professional. Pendidikan ini didasari oleh landasan akademik dan landasan profesi. Program akademik ditempuh dengan melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas dengan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, dan laboratorium. Program profesi dapat dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan program pendidikan akademik. Program profesi dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran di lahan praktek.

Kurikulum Institusional Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karsa Husada Garut Program Pendidikan S1 Keperawatan dirancang untuk dapat menciptakan tenaga perawat yang profesional melalui proses pembelajaran yang strategis dan dinamis. Kurikulum pada Prodi S1 Keperawatan terdapat dua(kurikulum) yaitu kurikulum 1998 dan kurikulum berbasis kompetensi tahun 2010. Kurikulum 1998 berlaku untuk angkatan T.A 2008/ 2009 dan T,A 2009/2010 yang terdiri dari 150 SKS dengan metode belajar klasik bukan berdasarkan kompetensi, sedangkan untuk angkatan T.A 2010/2011 sampai dengan sekarang 2012/2013 diterapkan kurikulum berbasis kompetensi. Perubahan kurikulum tersebut karena kurikulum inti Program Pendidikan Ners (Sarjana Keperawatan dan Ners) yang disahkan pada tahun 1998 dan diberlakukan tahun 1999 sudah tidak sesuai dengan perkembangan global.

Status Akreditasi

Program Studi S1 Keperawatan telah terakrediatsi oleh BAN-PT dengan peringkat akreditasi B berdasarkan SK No.0500/LAM-PTKes/AKr/Sar/IV/2016.